19 April 2009

Rahasia Sukses Blog di Blogspot

Rahasia Sukses Blog di Blogspot oleh Lilik Gunawan “jago bisnis online”



Rahasia Sukses Blog di Blogspot


[:-) Atau mungkin lebih KEREN kalau judulnya: rahasia SEO search engine optimization? :=]

Teman saya seorang jago bisnis online, dia ngomong gini,
“jago bisnis online kok makainya .blogspot? Harusnya pakai .com!”

Dia belum tahu rahasianya sih…

Ya nggak pa-pa lah orang dia memang jago dalam hal bisnis online, dan masukannya itu sangat berharga. Suka-sukanya dia aja lah mau ngomong apa. Toh yang dia omongin memang bener, ya jelaslah orang dia ahlinya.

Itu catatan penting bagi saya dan semua temen-temen yang pingin bener-bener jadi jago bisnis OL, jangan cuma pakai .blogspot saja tapi juga harus punya domain sendiri terutama domain .com.

Cuma dianya lupa akan hal-hal berikut ini:
[:-) tolong saya minta dengan sangat agar jangan ngasih tahu temen saya ini. Nanti dia ikutan bikin blog di .blogspot :=]

Satu,
www.blogger.com atau .blogspot itu yang punya Google.

Dua,
Saat ini Google adalah search engine dengan database terbesar di dunia. Hampir semua informasi di dunia ini bisa dicari dengan Google.

Tiga,
Saat ini jumlah blog yang terdaftar di
www.blogger.com sudah mencapai milyaran jumlahnya. Tentu hal ini juga mudah dipahami bahwa traffic hariannya .blogspot mencapai puluhan bahkan ratusan juta visitors.

Empat,
Sejak karena .blogspot itu punyanya Google, blog apapun yang dibuat di
www.blogger.com sudah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa di-crawl dengan mudah oleh Googlebot.

Googlebot itu sebutannya robot yang dipakai oleh Google untuk merayap ke setiap website, mengumpulkan kata-kata kunci agar memudahkan pengguna Google memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Hal ini terutama berlaku buat blog yang dibuat dengan theme classic-nya blogger. Untuk theme yang sudah dimodifikasi tentu lebih mudah lagi di crawl oleh Googlebot, seharusnya sih…

Coba deh baca ebook SEO Search Engine Optimization-nya Google:
Klik di sini

Lima,
Ini rahasia penting ya, jangan pernah ngomong sama temen saya yang jago bisnis online tadi lho, nanti dia ikut-ikutan bikin blog di
www.blogger.com, wah bahaya nanti kita bisa kesaing.

Dan kita pasti kalah, soalnya kan dia tahu banyak soal bisnis online dan dia juga punya modal yang sangat banyak buat pasang iklan di mana-mana.
Ya jelas kita pasti kalah!

Gini, tadi saya sudah sampaikan bahwa .blogspot itu milik Google. Jadi .blogspot dirancang untuk search engine friendly alias akrab sama mesin pencari.

Terus karena Google harus konsisten untuk ngasih hasil pencarian terbaik, maksudnya hasil pencariannya harus pas bener sama keyword yang dimasukkan oleh user, maka Google tentu juga harus mendesain .blogspot untuk memenuhi kriteria ini.

Jadi, asal kita bisa mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blog kita maka Google akan dengan sukarela menampilkan blog kita di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci yang kita tuju.

Nggak percaya?

Cobalah buat blog dengan kata kunci yang aneh.

Maksud saya gunakan kata kunci yang jika dimasukkan ke kotak pencarian nggak akan ada hasil pencariannya.

Misalnya kata kunci berikut ini:
lilik gunawan jago bisnis online

Coba lihat ada nggak hasilnya. Kalau nggak ada silakan bikin blog dengan kata kunci itu. Atau kalau ada, ya jangan, nanti blog Anda terlalu berat saingannya.

Iseng-iseng gunakan kata kunci nama Anda. Coba lihat sudah ada belum hasil pencariannya. Kalau belum langsung aja bikin blog di
www.blogger.com dengan judul nama Anda. Terus Keterangannya berikan Nama Anda plus kata kunci lain yang unik. Misal dalam contoh tadi: lilik gunawan jago bisnis online.
[perhatikan: ini rahasia penting jago bisnis online!]

Terus buat posting yang di dalamnya Anda tuliskan kata kunci yang Anda tuju. Minimal setiap tiga paragraf mengandung kata kunci itu atau salah satunya.

Dalam hal contoh tadi, perhatikan bahwa di post ini selalu ada kata kunci: lilik gunawan, jago, bisnis, jago bisnis, atau bisnis online di setiap paragrafnya.
Perhatikan dengan sangat teliti, ya.

Anda harus membuat minimal lima post. Keberatan? Jangan gitu dong, katanya ingin jadi jago bisnis online. Gini aja, bikin post nya sehari satu, terbitkan atau di publish. Besoknya satu lagi. Besoknya lagi satu lagi. Terus gitu sampai sepuluh hari.
[katanya lima kok sepuluh? Hehe, biar lebih siip hasilnya]

Buat masing-masing post-nya menarik. Maksudnya biar pengunjung tinggal beberapa lama membaca postnya, terus baca post-post yang lain sampai semua postnya dibaca.

Tujuannya apa?
Supaya page view-nya bagus. Maksudnya, salah satu pertimbangannya Google bikin ranking website itu adalah lamanya pengunjung membuka halaman blog Anda. Semakin lama semakin bagus.

Nah, sekarang tinggal Anda promosi ke teman-teman agar mereka mengunjungi blog Anda.

Caranya?

Ini yang termudah, pakai undangannya .blogspot atau friend connect. Undang sebanyak mungkin teman. Ya sekitar seratusan teman lah idealnya. Kalau bisa lebih banyak lagi.

Usahakan agar semua teman Anda meninggalkan komentar atau saran di bawah setiap post yang Anda buat.
[sebetulnya jujur aja, Anda cukup undang 50 teman, asal kata kuncinya belum ada di hasil pencarian…tapi ini rahasia]

‘Dah. Sekarang tunggu beberapa hari.

Setelah beberapa hari, coba masukkan kata kunci yang tadinya belum ada hasil pencariannya di Google. Pasti sekarang sudah masuk. Nah, di situ Anda akan jadi nomer satu.

Jadi nomer satu di search result-nya Google!

Hebat kan?

Sekarang masalahnya, bagaimana kalau Anda ingin benar-benar terkenal?

Bagaimana caranya muncul nomer satu dari ribuan hasil pencarian?

Bagaimana caranya agar Anda bisa mengalahkan bahkan yang memakai domain .com sekalipun?

Rahasianya: jumlah pengunjung.

Ya, memang intinya di jumlah pengunjung!

Semakin banyak yang mengunjungi blog Anda dan semakin lama mereka tinggal di blog Anda maka semakin tinggi peringkat blog Anda.

Ini juga rahasianya SEO search engine optimization, yaitu jumlah pengunjung.

Jadi kalau Anda ingin blog Anda jadi terkenal tentu wajib bagi Anda untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya pengunjung.

Ada 2 unsur di sini:
Satu, dari dalam yaitu isi dari blog Anda
Dua, iklan atau promosi Anda

Satu,
Semakin menarik isi blog Anda semakin banyak pengunjungnya. Dengan begitu Anda mendapat iklan gratis. Teman ngasih tahu teman, lalu mengundang temannya untuk mengunjungi blog Anda. Terus begitu.

Dua,
Semakin gencar Anda ber-iklan mempromosikan blog Anda maka semakin banyak pengunjung yang datang. Anda bisa memakai iklan gratis maupun iklan berbayar, yang mana saja terserah dana yang Anda sediakan…

Sekian dulu, semoga sangat bermanfaat.
Terima kasih.
Lilik Gunawan.

http://jago-bisnis-online.blogspot.com

email:
keresugihduit@gmail.com


Advertisement
http://mengenal-setan.blogspot.com
Ebook Mengenal Setan
Ebook Mengenal Iblis

Setan bukan teman,
Jangan jadikan teman.

Ads by Lilik Gunawan

( c ) 2009 Lilik Gunawan
“jago bisnis online”

1 comment:

  1. salam kenal bro..aku juga lagi belajar nge-blog niee. cuma yang susah tuh bikin supaya trafic pengunjungnya banyak, biar sebagus apapun blog kita klo gak ada yang baca khan jd gak berguna.hee..klo ada info terbaru seputar blog mohon di share..trims'

    ReplyDelete

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.