01 April 2009

PROFIL SIMBAH bag. 3

Rahasia Jago Bisnis Online
oleh Lilik Gunawan


PROFIL SIMBAH
Bagian 3 dari 3 tulisan

Hari ini tanggal 26 Maret 2009.

Di dua posting yang lalu sudah saya sampaikan nasihat simbah tentang rahasia cara menjadi jago bisnis online. Berikut ini nasihatnya…tak mengapa diulang-ulang biar hapal sampai ke tulang.

Nasihat simbah:

1. sederhanalah dalam berpikir
2. sederhanalah dalam bebicara
3. sederhanalah dalam berbuat

Silakan buka dua posting sebelumnya kalau merasa curiga dengan motif-motif tersembunyi dalam nasihat-nasihat simbah di atas. Soalnya ada hal penting lain yang sangat perlu saya sampaikan mengenai eksistensi atau keberadaan Nasihat Simbah.

Oke, biar ndhak keliwatan lagi seperti dua tulisan sebelumnya langsung saja saya sampaikan profilnya Simbah.


PROFIL SIMBAH

Simbah saya ini namanya Guno Rumekso. Baru tadi pagi ketemu namanya, jadi maaf kalau baru sekarang saya bisa ngasih tahu ke Anda nama beliau.

Beliau ini umurnya kira-kira tiga kali umur saya, jadi sekitar 90an. Mungkin beliau lahirnya tahun 1919. Maklum kalau nggak tahu pastinya lha wong jaman dulu belum ada yang namanya akte kelahiran.

Semua catatan penting adanya di memori. Atau kalau pas ada kejadian yang dicatat sejarah, lha dikaitkan dengan hari itu. Jadi misal tahun 1919 itu ada gubernur belanda yang nikah sama anak sultan jawa, terus beberapa hari kemudian ada anak lahir.

Nah, yang diingat-ingat bukan tanggal lahirnya anak itu tapi tanggal nikahnya gubernur tadi, plus kacek berapa harinya. Bisa pas bisa juga tidak. Lha wong tanggal nikah itu yang diingat ijab kabulnya atau resepsinya atau upacara keratonnya…

Tapi ya nggak pa-pa lah wong itu juga jaman dulu, sekarang nggak lagi. Sekarang sudah ada catatan sipil sama komputer. Semua hal bisa dicatat sampai ke detik-detiknya, atau kalau perlu milidetiknya juga bisa.

[Lagian, saya yang bikin tokoh ini, jadi ya biar saja suka-sukanya saya.
WBS = Waton bocahe seneng, wae…]

Simbah itu badannya kecil, ramping, ya maklum lha wong sudah dimakan usia. Tinggal menghitung harinya saja. Kalimat ini asli dari Simbah, waktu kalimat ini saya komentari, ‘ya belum tentu Mbah, bisa saja saya yang duluan’. Simbah membalas gini, ’lho antrine kan Simbah dulu. Kok kamu mau nyerobot?’

[ya sudahlah, saya akhirnya ngalah, mau giliran mati aja rebutan.]

Menurut sejarahnya, Simbah ini pendidikan terakhirnya:
cum laude graduate of UPSP
(English, bacanya ‘yu pi es pi’)

UPSP itu universitas yang ada di mana-mana jadi semua orang juga bisa jadi lulusannya. Saya graduate situ, bapak saya juga, ibu saya juga, adik-adik saya juga, mungkin Anda juga lulusan situ juga.

Pernah dengar? Belum? Where have you been, Baby!
Ke mana aja Anda selama ini, Sayang.
[wilih gayanya pakai English…]

Singkatannya, University of Pillow Smell Pissed.
Itu terjemahan paling logisnya
Universitas Bantal-guling Bau Pesing…
[hehe, serius amat, Simbah ini tokoh rekaan saya, jadi suka-sukanya saya aja beliau mau kuliah di mana. WBS lah yaw.]

Di situlah setiap manusia diajari pelajaran paling penting tentang hidup dan kehidupan di dunia ini. Ini juga salah satu nasihat simbah yang paling bijaksana.

Gini bunyinya:
Kalau tahu ompol itu pesing jangan pernah ngompoli orang lain.

Dan tentu masih ingat bagaimana nasib kita saat masih bayi, jangankan bikin kopi, mau minum aja nunggu belas kasihan ibu kita tercinta. Ini juga memunculkan nasihat simbah yang lainnya.

Gini bunyinya:
Kalau sendirian susah carilah teman yang bisa membantu.
Dan kalau ada teman yang susah se-bisa-nya-lah membantu.

Simbah selalu berpesan agar semua nasihat-nasihatnya selalu diingat dan tidak pernah dilupakan. Dan jangan sekali-kali dimanfaatkan untuk mencelakai orang lain. Ingatlah selalu, kalau tahu ompol itu pesing jangan pernah ngompoli orang lain.

Jadi ingat-ingat namanya ya: UPSP. Dari situlah awal kita belajar tentang awal dari segalanya. Dari situ pula kita seharusnya belajar mengenai kebijaksanaan.

[Simbah nesu kalau saya komentari, ‘bijak…sana…bijik…sini. Soalnya Simbah kalau tidur tadinya mujur ngalor nanti waktu bangun sudah mujur ngidul. Ada aja alasannya: dikejar wong edan lah, dikejar kirik lah, dikejar cewek cantik lah, Mbah Mbah, hihi…dikejar cewek cantik kok lari! Ya jelas lari dong lha wong ceweknya bugil…oalah Mbah Mbah makanya kalau mau tidur jangan nonton sinetron melulu. Dikejar cewek kok lari, saya aja kepingin.]

Sekian dulu profilnya Simbah. Terima kasih.

Salam dari saya,
Lilik Gunawan

Email:
gunawanlilik@gmail.com
keresugihduit@gmail.com


Pesan sponsor
http://mengenal-setan.blogspot.com
Download dulu, gratis
Baca dulu, gratis
ebook
Mengenal Setan
dan
Mengenal Iblis
Kenali musuh sejati manusia.
Bagaimana menang perang,
kalau tak kenal siapa musuhnya?
(belinya nanti-nanti)
Ads by Lilik Gunawan

( c ) 2009 Lilik Gunawan
“jago bisnis online”

No comments:

Post a Comment

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.