24 April 2009

Hidup yang Aneh 3

Hidup yang Aneh 3 oleh Lilik Gunawan “jago bisnis online”

HIDUP YANG ANEH 3

Sering saya mikir betapa enaknya kalau bisa punya uang banyak tapi nggak perlu capek-capek kerja. Nggak perlu berangkat pagi pulang petang.

Nggak perlu kehabisan keringat di jalanan yang panas dan penuh polusi asap knalpot. Dan nggak perlu keluar ongkos buat berdesakan di kendaraan umum.

Nggak perlu pakai baju kerja tertentu…ini nih yang paling bikin saya gatel: kalau harus pake baju tertentu untuk acara tertentu yang jalannya pake lama. Nggak enak banget rasanya.

Belum lagi kalau harus bikin tugas yang harus selesai dalam jangka waktu yang mepet. Wah, udah capek mikirnya masih harus kuatir kalau nggak bisa selesai pada waktunya. Jadi dobel-dobel masalahnya. Ditambah lagi rasa kuatir dimarahi bos kalau sampai ada yang salah dan nggak beres. Ngulang lagi dari awal.

[meski saya tahu nggak ada bos yang sekejam itu, tapi saya tahu bahwa rasa kuatir itu ada dan sering menghabiskan energi, lebih banyak energi dibanding pekerjaan yang sesungguhnya]

Terus lagi fokus-fokusnya kerja ada saja halangannya buat berhenti dulu, jadi buyar lah konsentrasi kerjanya. Harus mulai lagi dari awal.

Karena pertimbangan-pertimbangan itu jadi mikir bagaimana kalau punya bisnis sendiri?

Alamaak bikin bisnis sendiri itu emang enaaak banget. Begitu bisnis jadi, saat itu juga saya bisa jadi bos. Enak banget, saya suka jadi bos.

Tapi masalahnya, sebagai bos harus bisa ngasih pengarahan sama anak buah. Harus bisa ngasih pengertian. Harus bisa membuat anak buah benar-benar memahami job description yang saya berikan. Dan di saat-saat yang tepat harus bisa ngasih upah atau gaji sesuai dengan perjanjian kerjanya. Ini idealnya…

Masalahnya, karena bisnis baru mulai, dan modalnya juga sedikit itupun karena ada orang yang baik hati mau ngasih modal, [cuma modal dengkul doang!]…sebagai bos yang baik hati saya punya satu anak buah yang baik hati juga, paling cakep sedunia, paling rajin kerja benar-benar sesuai dengan perintah dari saya, disuruh apa saja pasti mau dan seterusnya pokoknya hebat banget deh.

Harap maklum lah, orang saya selain sebagai bos juga merangkap sebagai: anak buah!
[Lha, kan saya udah ngomong kalau bisnis baru mulai…]

Terus saya bertanya pada diri saya, soalnya kalau nanya orang lain selalu jawabannya sama dan bikin nggak semangat. Apa ada ya orang kerja cuma duduk-duduk di rumah tapi dibayar? Dibayar dikit juga nggak pa-pa lah yang penting kerjanya nggak sulit-sulit amat.

Terus mikir. Apa ada, apa ada?

Dan akhirnya memang nemu juga jalannya.

Memang benar-benar ada. Dan benar-benar bisa menghasilkan uang. Ada produknya, ada sistem kerjanya. Dan yang terpenting: ada bayarannya. Benar-benar berupa money transfer via bank. Jadi uangnya benar-benar masuk ke rekening saya.

Ya, bisnis online memang benar-benar bisa menghasilkan uang.

Meski di awalnya begitu sangat amat amat kesulitan karena berangkatnya dari nol. Ya maklumlah soalnya memang baru saja kenal sama yang namanya internet. Tapi saya yakin asal mau terus menerus belajar, lama lama lancar juga.

Aneh ya?
Cuma duduk-duduk aja di depan komputer kok ya ada orang yang mau ngasih duit.

Duit banyak lagi!
Setidaknya bagi saya duit segitu memang banyak. Ya masak cuma duduk duduk aja dikasih duit segitu kok masih minta lebih…

Akhirnya jadi ketagihan. Bagimana nggak? Lha wong cuma duduk-duduk dibayar kok!

Saya mikir, terus mikir. Apa ada peluang yang lain yang bisa menghasilkan lebih banyak lagi. Yang nantinya bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Pokoknya sederhana juga nggak pa-pa yang penting kebutuhan mendasar bisa tercukupi.

Sebagai gambaran, bagi saya yang namanya kebutuhan mendasar itu juga sebagai kunci sukses hidup di dunia. Memang sederhana sekali tapi tanpa adanya hal-hal mendasar itu mustahil orang bisa sukses. Hal ini pernah saya sampaikan di post-post sebelumnya, tapi tak mengapa kalau saya sampaikan lagi di sini.

Repetition is the mother of studying.
Pengulangan itu penting kalau pingin pinter.

Gini:
satu, makan kenyang
dua, tidur nyenyak
tiga, be-a-be lancar

Nah itulah kunci sukses yang paling sukses dan tak terbantahkan. Tanpa adanya kunci-kunci sukses ini mustahil orang bisa sukses. Bahkan bagi orang yang sudah sangat sukses pun kunci-kunci ini tetap harus dipegang erat-erat, nggak boleh lepas. Kalau sampai lepas, hilanglah semua kesuksesan yang dia raih!

Mikir dan terus mikir. Bagaimana caranya dan bagaimana sistem kerjanya agar bisa mencukupi kebutuhan mendasar kehidupan dan sekaligus kunci pokok kesuksesan itu?

Ada! Ketemu!
Berhasil!

Maksudnya berhasil ketemu…belum berhasil tercukupi lho.

Ternyata memang ada cara agar kunci sukses itu bisa saya pegang.

Dengan cara ini, semua kebutuhan mendasar itu bisa tercukupi. Semua kunci sukses yang sangat sederhana itu bisa saya pegang. Otomatis karena kunci suksesnya sudah tahu dan sudah bisa dipegang, kesuksesannya sendiri tentu juga bisa dipegang.

Enak juga ya jadi orang sukses. :-[]

Masalahnya sekarang, maukah saya berbagi dengan Anda?

Kayaknya nggak deh. Takutnya nanti saya dikira ngajarin yang nggak bener. Orang cuma duduk duduk di rumah kok bisa dapet duit. Jangan-jangan nanti dikira pake cara-cara yang nggak beres. Jangan-jangan nanti dikira pake pesugihan. Jangan-jangan nanti dikira mbobol atm, kayak rampok. Wah, bahaya nih.

Sepertinya lebih baik saya pake sendiri aja dulu. Nanti kalau sudah benar-benar tercukupi kebutuhannya barulah saya mikir-mikir lagi mau berbagi dengan Anda atau nggak.

Nah, sampai suatu saat nanti saya mau baik hati buka rahasianya, sebaiknya Anda juga mulai mencari. Pake aja Dik Google (dia lahir 98, saya 75, jadi adik saya jauh).

Hint: cari aja di halaman ini barangkali ada caranya. Meski bukan dari saya rahasianya tapi kan sama-sama hasilnya. Duit duit juga…

Sekian.

Salam sukses dari saya,
Lilik Gunawan

http://jago-bisnis-online.blogspot.com


( c ) 2009 Lilik Gunawan
“jago bisnis online”

No comments:

Post a Comment

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.