01 April 2009

PROFIL SIMBAH bag. 2

Rahasia Jago Bisnis Online
oleh Lilik Gunawan


PROFIL SIMBAH
Bagian 2 dari 3 tulisan

Hari ini tanggal 26 Maret 2009.

Di posting yang lalu sudah saya sampaikan nasihat simbah tentang rahasia cara menjadi jago bisnis online. Berikut ini nasihatnya…

Nasihat simbah:

1. sederhanalah dalam berpikir
2. sederhanalah dalam bebicara
3. sederhanalah dalam berbuat

Satu,
Sederhana Dalam Berpikir

Di posting sebelumnya sudah saya sampaikan rahasia jago bisnis online yaitu berpikir hanya tentang menghubungkan dua hal saja dalam sekali waktu.

Menurut sejarahnya, yang namanya mikir itu katanya proses mencari hubungan antara dua hal. Apa hubungannya dan apa pengaruh hubungan itu terhadap kedua hal itu.

Jadi kalau lagi mikir bikin ebook, fokus mikir idenya dulu. Gini, dalam hal contoh ini dua hal yang dimaksud adalah ebook dan isinya. Anda harus benar-benar fokus mikir ebook ini tentang apa, dan apa yang akan ditulis di dalamnya.

Jangan sekali-kali mikir cara njualnya. Apalagi mikir script bisnis untuk di upload ke website penawarannya walah bisa kacau proyek bikin ebooknya.

Mikir khusus ide pokoknya, ide bab-babnya, ide sub-babnya, dan seterusnya. Fokus bagaimana cara nulisnya.

Dua,
Sederhana Dalam Berbicara

Otomatis kalau kita mikirnya sederhana, apa yang keluar dari mulut kita juga ikutan sederhana. Jadinya mudah dipahami. Kalau banyak yang memahami maksud kita tentu semakin mudah tersampainya pesan kita.

Sederhananya ya, semakin mudah orang ngerti maksud kita semakin mudah pula kita menjual produk kita. Lha kan pembeli udah ngerti produk itu. Asal mereka butuh dan punya dananya pasti mereka mau beli.

Tiga,
Sederhana Dalam Berbuat

Langkah apapun yang kita lakukan dalam menerapkan strategi bisnis online harus terarah ke satu tujuan yaitu:
1
bagi kita, membuat orang membeli produk, dan
2
bagi pembeli mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari produk kita

Misal dalam membuat landing page (walah opo neh iki…), kita harus dengan jujur menyampaikan apa ide kita dan apa isi ebooknya secara garis besar. Dan apa manfaat yang akan didapat setelah membaca ebooknya. Sampaikan juga bahwa harga yang diminta tidaklah sebanding dengan nilai manfaat ebooknya.

Tentu harga ebooknya lebih sedikit dibanding nilai manfaat yang akan didapat oleh pembeli.

Nah itulah kuncinya jadi jago bisnis online. Kenapa saya selalu menekankan untuk punya produk sendiri pada saat mulai bisnis online?

Karena Anda belum punya image atau integritas.

Kelihatannya sederhana sekali. Tapi coba bayangkan kalau Anda sedang berjalan-jalan lalu tiba-tiba ada orang yang menawarkan suatu produk yang katanya sangat hebat dan sangat bermanfaat. Apakah Anda langsung percaya dan langsung membeli?

Tentu Anda lihat dulu siapa dia, apa maunya, Anda lihat produknya apa…itu kalau sempat. Seringnya kita ngacir aja daripada ketipu…

Nah itulah yang namanya integritas. Harus dibangun sedikit demi sedikit. Sehingga orang mengenal Anda dan produk yang Anda miliki. Ini namanya image. Semakin bagus image Anda dan semakin banyak orang yang mengenalnya semakin mudah Anda menjual produk.

Nanti kalau Anda sudah punya image dan integritas, Anda tak perlu susah-susah lagi bikin produk. Anda bisa menjualkan produk orang lain. Dan orang banyak langsung membeli, kan sudah kenal siapa Anda.

Saya tidak menyarankan Anda mulai dengan afiliasi atau reseller atau jadi makelar. Soalnya selain Anda tidak akan dikenal orang, malah si empunya produk yang makin terkenal. Mereka dapet promosi gratis dari Anda. Dan berapa yang Anda dapatkan? Paling besar separo harga produk!

Itupun dengan sedikit beban di hati:
secangkir kopi yang harganya seribu, dijual seharga empat ribu (nawarinnya 5 ribu didiskon seribu). Anda dapat 2 ribu (50%). Tapi Anda tahu di hati Anda bahwa konsumen tertipu 3 ribu. Soalnya mereka bisa saja mendapatkannya seharga seribu!

Atau contoh lain:
Ebook yang harga sebenarnya cuma 25 ribu, ditawarkan seharga 200 ribu lalu didiskon jadi 120 ribu. Anda cuma dapet 50% atau 60 ribu. Dengan beban yang sangat berat di hati. Konsumen tertipu 95 ribu…soalnya harga ebooknya cuma 25 ribu. Jadi uang yang Anda dapatkan sebesar 60 ribu tadi hanya akan membuat hidup Anda tidak tenteram.

Semakin besar komisi yang Anda peroleh semakin besar pula beban di hati Anda. Semakin tidak tentramlah hidup Anda.

Maaf ya buat temen-temen jago bisnis yang meyakini bahwa afiliasi adalah cara terbaik mulai bisnis online: saya tidak setuju. Simbah saya juga tidak setuju. Malah sambil mucu-mucu…

Simbah bener kok, mau jadi jago bisnis kok nggak punya produk, ada-ada aja…
Yang ada bukannya Anda punya nama malah membesarkan nama orang lain.

Dan ada lagi resikonya yang agak berat, kalau produk afiliasi yang Anda tawarkan tidak memuaskan, Andalah orang pertama yang akan ditimpukin orang banyak! Minimal Anda akan kena makian yang sempurna…

Jadi kalau Anda pingin jadi jago bisnis online, mulailah berpikir sederhana, berbicara sederhana, dan bertingkah laku yang sederhana.

Mulailah berpikir membuat produk sendiri. Bangunlah image Anda sebaik mungkin.

Lah, Mbah. Lha profilnya Simbah masih belum ketulis lagi di sini…

To be continued lagi ya…

Salam dari saya,
Lilik Gunawan

Email:
gunawanlilik@gmail.com
keresugihduit@gmail.com


Pesan sponsor
http://mengenal-setan.blogspot.com
Download dulu, gratis
Baca dulu, gratis
ebook
Mengenal Setan
dan
Mengenal Iblis
Kenali musuh sejati manusia.
Bagaimana menang perang,
kalau tak kenal siapa musuhnya?
(belinya nanti-nanti)
Ads by Lilik Gunawan

( c ) 2009 Lilik Gunawan
“jago bisnis online”

No comments:

Post a Comment

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.