20 March 2009

KUNCI SUKSES BISNIS ONLINE

Rahasia Sukses Bisnis Online
Oleh: Lilik Gunawan “jago bisnis online”

APA KUNCI SUKSES BISNIS ONLINE ITU?

Pertama dan Terpenting: Apa Arti Sukses Itu?

Sukses adalah…

Satu,
Menginginkan sesuatu, betul-betul menginginkan sehingga ketika Anda berhasil mendapatkan/mencapainya Anda akan merasa puas dan bahagia

Dua,
Berusaha, bekerja keras, berpikir maksimal, berjuang untuk mendapatkan yang Anda inginkan (poin 1 di atas). Tak ada kata gagal, berusaha dan berusaha terus sampai dapat.

Tiga,
Ketika berhasil mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda merasa sangat bahagia dan layak diberi pujian serta penghargaan atas semua jerih payah Anda, sambil meyakini bahwa “kesuksesan ini adalah pendorong, penopang, dan semangat baru untuk mencapai keinginan berikutnya”.

Sulit banget ya?
Gini aja, ada 2 Nasihat Simbah yang sangat penting:
[ini definisi sukses yang paling sukses]

1.
Sukses itu adalah makan kenyang, tidur lelap, dan BAB/K lancar
Tanpa hal-hal di atas, mustahil kita bisa menikmati sesukses apapun pencapaian kita.
[sekalipun sederhana dan menjengkelkan tapi Simbah memang benar…]

2.
Tujuan hidup yang pasti tercapai adalah menjadi penganggur.
[lho, wah Simbah errrorrrr bangets!!! Eit tunggu dulu, jebul yang dimaksud nganggur itu adalah pengangguran yang sukses. Apa ada? Ya jelas ada dong masak Simbah bohong, ntar hancur kredibilitas ke-simbah-an-nya. Gini, orang bisnis online itu kan orangnya santai-santai, lha habis kalau website udah distel otomatis, semua dari nawarin produk, njual, sampai pengiriman produk semua dijalankan sama komputer. Tinggal customer service aja, kan bisa santai, cukup sehari dua-tiga kali pagi-siang-sore… Apa bukan pengangguran sukses namanya!]

Udah ah, Simbah ada-ada aja, lagi serius nih. Kembali ke rahasia sukses tadi.

Jadi, pada intinya sukses itu proses.
Makin sering terulang proses sukses itu maka Anda akan semakin sukses. Otomatis Anda juga akan semakin merasa bahagia dan menikmati hidup ini.

Sekarang, apa kuncinya sukses bisnis online?

1.
Tetapkan target yang jelas. Dan beri batas waktu.

2.
Berusaha mencapai target itu, usaha dan usaha terus, tak ada kata gagal di sini.

3.
Setelah tercapai, nikmati, rayakan, meski dengan cara yang sederhana, yang penting Anda merasa bahagia.

Ulangi lagi proses sukses itu, terus menerus, lagi dan lagi. Semakin sering Anda mengalami dan merasakan kesuksesan bisnis online, Anda akan semakin merasa bahagia.

Kesimpulannya: kunci sukses bisnis online itu justru ada pada diri Anda sendiri.

Misal: Anda ingin menjual suatu produk. Anda buat website penawaran. Anda promosi. Anda mulai menerima order. Anda kirim produk ke konsumen. Konsumen (anggap saja lah ya) merasa puas karena kebutuhan terpenuhi. Anda merasa lega karena produk laku dan mendapat imbalan materi. Anda merasa sukses.

Terus Anda buat produk lain atau Anda resell produk orang lain. Buat website penawaran lagi. Anda berhasil menjual produk ke konsumen. Anda merasa sukses lagi, bahagia lagi.

Gitu. Itulah intinya sukses bisnis online. Sangat sama dengan bisnis offline, ya kan?

Lebih mudah mencari untung Rp. 1000,- per produk daripada cari untung 1 juta per produk. Kenapa?

Soalnya untuk produk yang harganya terjangkau oleh masyarakat banyak tentu angka penjualannya juga besar. Jika dibanding produk kelas atas (baca: mahal) yang harus bersaing dengan produk dari luar negeri.

Kan sama saja ambil untung seribu tapi jual 1000 biji, jadi totalnya sejuta juga.

Ya syukur-syukur kalau bisa dua-duanya, tapi bagi seorang pemula di bisnis online pasti sangat sulit.

Misal lagi, yang namanya bikin ebook yang layak jual itu sulitnya minta ampun. Terus bikin surat penawaran buat dipasang di website penawaran sehingga orang yang baca langsung kepingin dan membeli produk, wih, ini juga sulitnya minta ampun. Belum lagi promosinya. Terus penjualan sama customer servicenya…walah…benar-benar menghabiskan energi!

Tapi, hasilnya…

Coba diitung, kalau per produknya ngambil seribu dan yang beli seribu orang, berarti untung sejuta. Padahal pengguna internet di Indonesia jumlahnya jutaan.

Jadi asal sudah tahu caranya, seharusnya mudah untuk sukses bisnis online.

Oke, silakan dipikir-pikir dulu. Produk apa yang bisa Anda jual secara online. Coba bikin strategi sederhana dulu, bikin versi trial/gratisnya.

Bikin website yang gratis dulu (kalau belum bisa coba dulu
www.blogger.com atau nanya sama Dik Google[dia lahir ‘98, saya ‘75]. Banyak sekali kok pilihannya ada wordpress ada .co.cc dan lain-lain. Meski yang paling termudah jelas www.blogger.com: NamaWebsite.blogspot.com.

Bikin posting-posting penawaran yang bagus. Promosi yang gencar. Paling bagus pakai PPC (Anda hanya membayar iklan yang diklik orang, otomatis sebanyak klik iklannya sebanyak itu pula pengunjung website Anda), memang agak mahal bagi pemula tapi hasilnya abgus sekali untuk mendatangkan pengunjung.

Atau kalau modal PPC nggak ada ya tak ada pilihan lain selain iklan gratis, ngundang teman-teman, sama ngasih komentar di blog/website orang. Memang agak butuh waktu lama tapi hasilnya sama. Kan yang penting websitenya dikunjungi orang sebanyak mungkin.

Lihat bagaimana respons para pengguna internet. Kalau tanggapannya bagus, langsung aja bikin versi jualnya. Kalau nggak ada tanggapan, coba pergencar promosinya dulu sambil perbaiki dengan membuat posting-posting yang lebih berkualitas. Belajar sama yang lebih dulu punya produk yang sejenis, kalau ada.

Nggak usah nunggu-nunggu lagi. Mulailah sekarang juga.

Sekian dulu ya. Terima kasih.

Salam sukses,
Lilik Gunawan.


Pesan sponsor

http://mengenal-setan.blogspot.com

Download – Baca – Beli
Ebook Mengenal Setan
Seperti yang Diajarkan Allah Ta’ala
Di Dalan Al Qur’an

Ads by Lilik Gunawan



( c ) 2009 Lilik Gunawan
“jago bisnis online”

No comments:

Post a Comment

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.