16 March 2009

Kere Sugih Duit

Rahasia cepat kaya, rahasia cepat cari duit

Kere Sugih Duit

Orang miskin yang jujur adalah orang kaya yang nggak punya duit.
[orang kaya yang tidak jujur adalah orang miskin yang duitnya banyak]

Pernah dengar kan kata-kata bijak di atas? Lucu ya, aneh tapi nyata.

Banyak orang kaya yang hidupnya sengsara padahal seharusnya merekalah yang paling berhak merasakan kebahagiaan, bukankah mereka memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap dibanding orang miskin?

Banyak juga orang miskin yang hidupnya bahagia padahal kehidupan mereka jauh dari fasilitas-fasilitas orang kaya. Mereka nrimo apa adanya hidup mereka. Jadi mereka tidak pernah menginginkan hal-hal yang melampaui jangkauan mereka.

Rupanya definisi kekayaan dan kebahagiaan harus ditulis ulang agar sesuai dengan kenyataan ini.

Nasihat simbah:
sugih iku:
sugih ilmu, sugih manfaat, sugih sedulur, lan sugih bandha.

[kaya itu: kaya ilmu, kaya manfaat, kaya saudara, dan kaya harta]

Pertama
Sugih Ilmu atau Kaya Ilmu

Orang harus selalu belajar cari ilmu sehingga pandangannya luas. Orang yang pandangannya luas ketika menghadapi masalah, pasti lebih banyak alternatif solusinya. Jadi suka-suka dia milih mana dari semua solusi itu yang paling enak.

Dengan adanya internet, mencari ilmu sungguh mudah, murah, dan tak terbatas. Dan bisa setiap saat diakses tanpa batasan waktu. Komputer nggak akan kenal capek menyediakan ilmu apa aja.

Tinggal masukkan keyword ilmu yang dicari, ke Dik Google (nggak pa-pa saya panggil dik ya, dia lahir ’98, saya ’75), dalam sekejap akan muncul link-link website yang punya ilmu yang kita cari.

Dan satu lagi keuntungan orang yang kaya ilmu, dia akan menjadi orang terhormat. Minimal para murid atau orang yang belajar sama dia pasti akan menghormatinya. Kalau nggak mau hormat, awas, nggak dikasih ilmu lho…

Kedua
Sugih Manfaat atau Kaya Manfaat

Percaya nggak, orang paling hebat adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi orang banyak.

Itu sebabnya makanya sekarang banyak yang nyalon presiden, bukankah presiden itu posisi puncak pemerintahan yang tandatangannya banyak dibutuhkan agar banyak poyek bisa mulai dikerjakan? Agar duitnya bisa cair, agar tahu siapa yang akan mengerjakan, dst.

Ada juga anak kecil yang jadi rebutan, soalnya air biasa saja bisa jadi hebat kalau sudah disentuh oleh tangan kecilnya. Ini cuma contoh, jadi nggak ada maksud apa-apa, cuma contoh kok.
[sehari seribu orang kali seribu rupiah wih … kerja apa ya yang bisa gitu]

Jadi makin banyak yang memanfaatkan Anda, maksudnya jasa, tenaga, waktu, pikiran, maka pasti makin banyak harta yang Anda miliki.

Bahkan meskipun Anda tidak minta imbalan materi, tetap saja ada yang mau memberikannya, dan Anda takkan mampu menolaknya.

Ketiga
Sugih Sedulur atau Kaya Saudara

Tahukah Anda yang namanya list building? Itu lho ngumpulin alamat email orang sehingga ketika punya info penting bisa kita sampaikan secara langsung. Semakin banyak list-nya semakin besar peluang menjadi kaya. Kenapa? Karena semakin banyak yang kenal produk yang kita punya otomatis bisa promosi gratis dari email ke email…mirip cara jaman dulu gethok tular atau dari mulut ke mulut.

Ingat nasihat simbah: sak dawa-dawane lurung, isih dawa gurung. Sepanjang-panjangnya jalan, masih lebih panjang leher orang.

Apalagi sekarang, jaman sudah online. Detik ini terjadi, detik ini juga orang sedunia bisa ngerti.
[ini nasihat simbah juga, kan sekarang simbah rajin online,…nyethuk banget. Biarin aja asal nggak nganggu saya aja.]

Asal kita rajin silaturrahim pasti ada saja teman atau saudara yang ngasih peluang bisnis. Di antara sekian banyak peluang pasti ada yang cocok dan menghasilkan…minimal menghasilkan banyak teman baru.

Keempat
Sugih Bandha atau Kaya Harta

Tahukah Anda bahwa kulit sintetis itu harganya puluhan juta? Masih ingat kasus orang wajahnya disiram air keras, sehingga harus berkali-kali dioperasi? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Ratusan juta!

Berarti wajah kita ini , harganya tentu lebih mahal, soalnya masih asli bikinan pabriknya. Kan biasanya yang original lebih mahal dari yang tiruan. Meski begitu banyak yang kurang menyadari kekayaan ini…

Terus mata, telinga, gigi, rambut, tangan, kaki, organ, dst. Berapa banyak modal yang harus kita keluarkan kalau kita harus membeli semua itu? Pasti banyak sekali dan itupun tak akan bisa sesempurna ini.

Heran, masih ada juga orang yang ngomong kalau nggak punya modal usaha. Padahal dia sendiri sebetulnya berharga ratusan juta. Cuma masalahnya dia belum tahu bagaimana memanfaatkan apa yang dimilikinya sehingga bisa menghasilkan lebih banyak lagi materi.

Nasihat simbah:
Semakin banyak kita memberi maka semakin banyak kita menerima.

Ketika kita memberi pada orang yang tidak mampu membalas pemberian kita maka Allah Ta’ala yang akan membalasnya. Dan kalau Allah Ta’ala yang membalas tentu jumlahnya tak terbatas.

Jadi di situlah rahasia kekayaan sejati. Ternyata bukan di luar sana tapi malah di sini, di dalam hati kita sendiri.

Gitu. Sekian dulu ya. Terima kasih.

Salam sukses selalu, di mana pun Anda berada.
Lilik Gunawan


Pesan sponsor

http://mengenal-setan.blogspot.com

Ebook Mengenal Setan
Seperti yang Diajarkan Allah Ta’ala
Di Dalam Al Qur’an
Download gratis
Baca gratis
Beli, boleh.


( c ) 2009 Lilik Gunawan
“Jago Bisnis Online”

No comments:

Post a Comment

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.