Traffic is Everything oleh Lilik Gunawan “jago bisnis online”
TRAFFIC IS EVERYTHING
Jika pingin sukses jadi jago bisnis online
maka traffic adalah segalanya bagi Anda!
[TRAFFIC adalah pengunjung.]
Tanpa punya traffic,
maka sehebat apapun produk yang Anda jual/tawarkan nggak akan ada artinya.
Ini saya mau ngomong jujur…
Bahwa sebagian besar dari Anda, sama juga saya,
adalah selama ini cuma sebagai target market dari banyak organisasi/perusahaan besar,
yang sebetulnya mereka tidak pernah peduli dengan kebutuhan kita!
Apa yang ada di pikiran mereka adalah laba/utung besar.
Perhatikan contoh berikut.
Ada sebuah atau dua buah [atau malah semua] operator seluler yang berani menjual produknya dengan harga hanya nol koma sekian rupiah.
Coba dipikir, apakah logis?
Dengan nilai investasi yang mencapai milyaran atau bahkan trilyunan tapi produknya cuma dijual Rp. 0,1 atau Rp. 0,5 darimana ngambil untungnya?
Nggak logis kan?
Rahasianya adalah traffic.
Traffic adalah besarnya jumlah pengunjung atau pemakai produk.
Jadi tujuan sebenarnya dari ‘murahnya’ harga produk itu adalah agar mengundang traffic sebanyak mungkin.
Nanti, setelah mencapai jumlah tertentu, mereka bisa menawarkan produk lain yang potensi keuntungannya lebih maksimal.
Nah, itulah rahasianya kenapa perusahaan-perusahaan besar itu rela ‘merugi’ dengan menjual produknya semurah mungkin.
Jadi sama saja sebenarnya baik di bisnis offline maupun online, intinya di traffic atau jumlah pengunjung.
Jadi,
misal Anda punya sebuah warung,
dan Anda ingin mendapat keuntungan maksimal,
tentu langkah paling penting yang harus Anda lakukan
adalah mengundang traffic/pengunjung sebanyak mungkin.
Tentu semakin ter-target traffic-nya semakin bagus.
Maksudnya,
orang yang Anda undang ke warung Anda adalah orang-orang yang punya potensi membeli produk Anda,
atau minimal jika dia tidak berniat membeli,
dia mau merekomendasikan produk Anda ke teman/saudaranya.
Meskipun produk Anda hanyalah secangkir kopi dengan keuntungan yang ‘hanya’ Rp. 100 tapi…
Kalau warung Anda traffic-nya tinggi tentu keuntungan itu bisa dikalikan dengan jumlah maksimal orang yang beli kopi.
Gede juga… :-)
Iya, kalau Anda ngambil untung cuma Rp. 100 berarti Anda harus bisa menjual 1000 cangkir per hari kalau ingin punya penghasilan 100 ribu per hari.
Sedangkan kalau Anda ingin punya penghasilan 5 juta per bulan berarti Anda harus jual…hitung sendiri ya.
[5 juta bagi 30 = sekitar 170 ribu cangkir per hari!]
Jago bisnis online harus tahu hal ini.
Makanya banyak situs/website yang mau ngasih gratisan info/news/ebook/video dengan tujuan mengundang pengunjung sebanyak mungkin.
Dan juga semua pebisnis sukses di offline juga begitu…
Nah saat pengunjung berdatangan itulah mereka menawarkan produknya.
Atau minimal mereka berharap ada yang melihat iklan yang ada di website itu.
Kembali ke warung dulu ya,
Kalau ada 1000 pengunjung per harinya, tentu logis kalau Anda bisa berharap dapet untung 100 ribu, meskipun secangkir kopi cuma untung 100, soalnya…
Kan nggak mungkin orang cuma minum kopi?
Pasti untuk menemani minum kopi itu, pengunjung perlu makanan pendamping.
Dan kalau makanannya cocok, tentu mereka akan membungkusnya untuk dibawa pulang, entah buat teman-teman maupun keluarganya.
Jadi apapun bisnis Anda, di mana saja, traffic adalah kuncinya.
Ada yang ekstrim ngomong gini: nggak peduli produk Anda atau teknik pemasaran yang Anda pakai, yang penting promosi yang Anda lakukan.
Makin gencar makin besar traffic Anda.
Bahkan jika Anda tidak menjual apapun maka traffic itu tetap penting.
Emang ada orang yang nggak butuh temen?
Setidaknya, dari sekian banyak temen itu pasti ada yang ngasih gratisan, bukannya mengharap-harap sih…tapi kalau ada, masak mau ditolak?
Nggak enak kan sama temen sendiri, masak…
Gitu.
Salam hormat,
Lilik Gunawan
http://jago-bisnis-online.blogspot.com
email: gunawanlilik@gmail.com
Buat yang pingin ngirim tawaran bisnis mohon kirim email perkenalan dulu biar bisa saya white-list jadi nggak masuk ke folder spam. Sayang kan?
( c ) 2009 Lilik Gunawan
“jago bisnis online”
No comments:
Post a Comment
Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.