23 February 2009

5 RESEP ANTI GAGAL

5 RESEP ANTI GAGAL



KENAPA SAYA GAGAL BISNIS ONLINE?


Saya bisa saja membuat banyak alasan dari yang logis sampai yang paling tidak masuk akal sekalipun tapi saya yakin hal itu tidak akan memecahkan masalah yang saya hadapi. Dan hal itu juga tidak akan membantu Anda sama sekali.

Jadi begini saja, saya akan menuliskan kegagalan-kegagalan yang saya alami dan sedikit analisa kemungkinan penyebab kegagalan saya itu, terus saya juga akan sampaikan alternatif solusi yang bisa dilakukan jika lain kali Anda menghadapi masalah serupa.

Satu:
Rencana yang Tidak Baik

Bisnis apapun butuh rencana yang baik. Semua harus direncanakan dengan matang.

Tapi justru itu yang tidak saya lakukan. Kenapa? Karena saya tidak punya produk sendiri, jadi saya berusaha memasarkan produk orang lain. Yang ternyata saya belum menguasai seluk beluk produk itu sehingga otomatis saya tidak bisa menjelaskan dan meyakinkan calon pembeli, kenapa mereka harus membeli produk yang saya tawarkan.

Saya tidak punya rencana cadangan. Saya seharusnya membuat alternatif lain / rencana lain jika rencana kesatu gagal saya laksanakan. Intinya jangan biarkan calon pembeli lari! Tapi saya justru membiarkan mereka lari…

Hal ini seharusnya bisa dengan mudah diatasi jika saya mau mencatat alamat email mereka sehingga lain kali saya bisa mengulangi penawaran saya, tentu dengan metode yang lain lagi. Atau mungkin juga saya bisa membantu mereka dengan mencarikan produk yang mereka butuhkan. Saya lupa prinsip ini, ‘tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah’.

Maksud saya, seharusnya saya menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi calon pembeli, sehingga mereka tidak bingung dalam memilih produk terbaik sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Saya seharusnya tidak hanya memiliki satu produk saja, atau setidaknya saya harus tahu produk apa saja yang tersedia di pasaran.

Sehingga saya bisa menjelaskan dengan detail pada calon pembeli kenapa mereka harus membeli produk yang saya tawarkan, tanpa ada paksaan dari pihak saya, tentunya.


Dua:
Tindakan yang Tidak Sesuai Rencana

Apa gunanya rencana dibuat jika tidak dilaksanakan?

Tapi masalahnya, begitu banyak alternatif peluang bisnis online yang ada, dan semua menjanjikan keuntungan materi yang besar. Hal ini begitu membingungkan bagi saya ketika memilih bisnis yang akan saya jalankan.

Bayangkan, jika semua bisa saya kuasai pasti hasil yang saya peroleh juga sangat maksimal. Tapi nyatanya malah justru nol! Karena saya tidak bisa fokus pada satu hal sehingga rencana yang saya buat begitu mudah goyah/kacau.

Dan hal itu masih ditambah dengan kemudahan informasi gratis yang selalu tersedia, bahkan pada saat informasi itu sebenarnya tidak benar-benar saya butuhkan.


Kesimpulannya,

Satu
Kenali produk yang Anda jual.

Dua
Buatlah rencana yang benar-benar matang.
Dan selalu siapkan rencana cadangan.

Tiga
Konsisten dengan rencana yang Anda buat. Jalankan rencana step by step. Jangan tergoda untuk membuat ‘langkah besar’.

Empat
Fokus. Jangan pecah perhatian pada hal-hal lain meskipun sangat menarik perhatian Anda.

Lima
Jangan biarkan calon pembeli lari. Catat sebanyak mungkin informasi mereka (tentu atas persetujuan mereka!). Ulangi lagi penawaran, sehingga mereka berubah pikiran.



Ingat, pembeli adalah raja.

Raja pasti kaya, uangnya banyak, jadi kalau produk Anda bagus, pasti mau beli.




Sekian. Terima kasih atas waktu, tenaga, dan kesempatan aksesnya.

Salam sukses online,

Lilik Gunawan.

Email: gunawanlilik@gmail.com



Pesan Sponsor

http://mengenal-setan.blogspot.com

Download ebook Mengenal Setan,
Download dulu, baca.
Mau ngasih sedekah boleh.
Mau ngasih hadiah juga boleh.
Penulisnya baik banget kok.

( c ) 2009 Ads by Lilik Gunawan



© 2009 Lilik Gunawan
“Jago Bisnis Online”
























No comments:

Post a Comment

Mohon berikan saran dan komentar Anda di sini. Tidak ada blog yang sempurna, semoga masukan Anda bisa membantu blog ini menjadi lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih.